KIR

KARYA ILMIAH REMAJA

SEJARAH EKSTRAKULIKULER KIR (Karya Ilmiah Remaja)

       Dulu ekstrakulikuler ini hanya bernama KIR (Karya Ilmiah Remaja) saja dan belum terlalu aktif di SMAN 63 Jakarta. Tahun 2011, Irma Syafar Darmayanti beriinisiatif untuk mengaktifkan  KIR SMAN 63 kembali dengan mencari pelatih baru.

       Akhirnya, KIR SMAN 63 Jakarta aktif kembali dengan nama “Reach 63” (Research Education and Care Human of SMAN 63 Jakarta) yang diketuai oleh Irma Syafar Darmayanti dan dengan 5 orang, yaitu Hani,Firman,Muslim,Dana, dan Hana.

       Setelah aktif kembali, ekstrakulikuler ini mengikuti beberpa lomba dan menjadi pemenang juara 1 bidang IPA dari 2000 tim peneliti keseluruhan bidang se-Indonesia dan mewakilkan Indoesia diajang ISEF 2013 di US. Dan selanjutnya, Reach SMAN 63 Jakarta semakin sukses karena sering memenangkan lomba tingkat nasional, Walikota dan regional.

 

VISI dan MISI EKSTRAKULIKULER KIR (Karya Ilmiah Remaja)

Dalam kegiatan KIR, KIR memiliki visi dan misi yang mendukung kegiatan ekstrakulikuler. Visi dan Misi KIR adalah sebagai berikut :

VISI :

            Menjadi tempat pembentukan dan wadah untuk calon-calon peneliti muda untuk menciptakan suatu produk yang berguna bagi kehidupan manusia, dan mengharumkan nama baik SMAN 63 Jakarta.

MISI :

  1. Mengembangkan potensi siswa untuk menjadi peneliti.
  2. Mengembangkan kreativitas siswa untuk menciptakan produk sains
  3. Aktif dalam kegiatan lomba-lomba Daerah,Nasional, dan Internasioal

 PRESTASI

            Selama ini KIR telah meraih berbagi prestasi diajang perlombaan seperti LKIR, LIPI ,OPSI, dan masih banyak lagi. Prestasi tersebut diantaranya :

  1. Medali emas LKIR LIPI 2012
  2. Spesial award Intel ISEF Amerika 2013
  3. Medali perak OPSI 2014
  4. Medali emas LKIR LIPI 2015
  5. Medali emas OPSI 2016
  6. Spesial award OPSI 2016
  7. Spesial award LKIR LIPI 2016

 

Scroll to Top